BBM BERMUTU MGMP

10 Nov

BAHAN BELAJAR MANDIRI
TOPIK : PENYUSUNAN LAPORAN TAHAP 2

Topik penyusunan laporan PTK dibahas dalam 2 tahap. Pertemuan ini adalah yang kedua. Pembahasan difokuskan pada fokus pembahasan telaah draft laporan hasil tugas terstruktur dan melanjutkan menulis draft laporan secara individu. Oleh karena itu, pada pertemuan ini setiap guru peserta harus membawa draft laporan PTK hasil tugas terstruktur masing-masing.

A. PENGANTAR
Penulisan laporan PTK penting dilakukan karena bukti utama bahwa telah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan PTK dilihat dari laporannya. Dalam konteks belajar program BERMUTU, laporan kegiatan perbaikan pembelajaran yang ditulis oleh setiap guru peserta belajar akan menjadi salah satu bukti fisik dari keikutsertaaanya dalam proses belajar BERMUTU. Oleh karena itu, memahami cara menulis laporan PTK sangatlah penting.
Pembahasan topik penyusunan laporan kedua ini mencakup: menelaah laporan PTK hasil tugas terstruktur yang telah dibuat olaeh para guru peserta belajar dan melanjutkan menyelesaikan penulisan laporan masing-masing.
Dalam belajar topik penyusunan laporan ini, para guru peserta belajar akan melaksanakan dua tahap kegiatan belajar, yaitu sesi di MGMP dan penyelesaian tugas terstruktur dan mandiri.

Kegiatan sesi di MGMP:

1. Rembug sejoli saling memeriksa, mengoreksi dan memberi masukan terhadap laporan PTK pasangannya hasil tugas terstruktur.
2. Diskusi kelas memecahkan permasalahan tentang penulisan laporan yang dihadapi masing-masing guru sebagai refleksi terhadap hasil rembug sejoli.
3. Kerja individu melanjutkan penyelesaian penulisan laporan PTK masing-masing guru peserta belajar.
4. Pembuatan rangkuman dan refleksi hasil belajar pada pertemuan yang baru saja diikuti.
5. Pemberian informasi tugas terstruktur dan tugas mandiri

Kegiatan Tugas Terstruktur dan Mandiri
Para guru disiapkan untuk melaksanakan tugas terstruktur dan tugas mandiri sebagai rangkaian dari kegiatan tatap muka di MGMP. Tugas terstruktur dan mandiri pada topik penyusunan laporan-2 ini dilaksanakan mengacu pada draft laporan PTK yang telah dibuat pada topik penyusunan laporan-1. Tugas mandiri dilaksanakan dengan membaca sumber belajar tentang teknik presentasi untuk menambah wawasan dalam mempersiapkan diri menyajikan laporan PTK. Uraian kegiatan terstruktur dan tugas mandiri diuraikan pada bagian kegiatan pembelajaran (bagian E).

B. KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai pada pertemuan ini sebagai berikut.
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi
Guru peserta mampu menyusun laporan PTK Guru terampil menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan

C. PERSIAPAN
1. Untuk mempelajari topik analisis dan interpretasi data ini, guru pemandu perlu mempelajari sumber belajar yang relevan dan mempersiapkan bahan presentasi.
NOMOR JUDUL
Bahan Presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan Presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan Presentasi-3 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan Presentasi-4 Daftar pertanyaan refleksi

2. Guru pemandu menyiapkan alat yang diperlukan dalam sesi ini misal: papan tulis /kertas plano, kapur/spidol, OHP/OHT, LCD dan laptop (bila memungkinkan).

D. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang dapat digunakan guru peserta dalam kegiatan ini antara lain:
NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Module PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK disertai abstraknya ICT BERMUTU/ diusahakan Guru Pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan belajar tatap muka di MGMP dikelola dalam waktu 4 x 50 menit.
Penjelasan Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan-1 (10 menit):
1. Informasi kegiatan mencakup penjelasan tentang topik yang akan dipelajari, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, hasil yang diharapkan dicapai.
2. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-1: Informasi kegiatan Pertemuan Penyusunan Laporan (2), (b) Bahan presentasi-2: Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK.
Kegiatan-2 (40 menit):
Rembug sejoli memeriksa dan mengoreksi serta memberi masukan draft laporan PTK hasil tugas terstruktur masing-masing.

1. Guru pemandu memandu kegiatan rembug sejoli.
2. Guru peserta diminta untuk berpasangan saling memeriksa dan mengoreksi serta memberi masukan draf laporan PTK hasil tugas tertruktur masing-masing. Guru pemandu mengingatkan tentang aspek penilaian laporan PTK.
3. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-4: Aspek penilaian laporan PTK, (b) Sumber Belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK
4. Hasil rembug sejoli: draft laporan PTK milik masing-masing guru peserta yang telah ditelaah oleh guru peserta lain.

Kegiatan-3 (40 menit):
Diskusi kelas memecahkan masalah terkait penulisan laporan sebagai refleksi dari kegiatan rembug sejoli.

1. Guru pemandu memimpin kegiatan diskusi. Kegiatan diawali dengan meminta para guru peserta untuk merefleksi apa yang telah terjadi pada kegiatan rembug sejoli. Selanjutnya Guru Pemandu bertanya kepada para guru peserta tentang masalah yang dihadapi terkait menulis laporan PTK yang telah dilakukan.
2. Guru pemandu memandu diskusi penyelesaian masalah tentang penulisan laporan PTK yang diajukan oleh para guru peserta.
3. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Sumber Belajar-3: Contoh Sistematika laporan PTK, (b) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK
4. Hasil tanya jawab: pemahaman yang semakin baik pada guru peserta tentang cara menulis laporan PTK.

Kegiatan-4 (40 menit):
Kerja individu menulis draft laporan PTK masing-masing.

1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan latihan.
2. Guru peserta secara kelompok berlatih menulis laporan PTK dengan data dari hasil pelaksanaan tindakan pada open class. Kegiatan latihan ini difasilitasi hasil analisis dan interpretasi data serta hasil refleksi dari kegiatan pelaksanaan tindakan pada open class.
3. Mengingat terbatasnya waktu, setiap kelompok dapat bertugas menulis bab yang berbeda, namun pada akhirnya setiap kelompok harus melaporkan hasil laporannya untuk diketahui kelompok lain (dengan cara difotokopi).
4. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Sumber Belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK, (b) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK.
5. Hasil latihan: tersusunnya draft laporan PTK masing-masing guru peserta.

Kegiatan-5 (45 menit):
Rangkuman dan refleksi hasil belajar tentang penyusunan laporan dilanjutkan informasi tugas terstruktur dan mandiri.
1. Rangkuman dapat diuraikan oleh guru peserta belajar.
2. Kegiatan refleksi dapat mengacu pada daftar pertanyaan refleksi.
3. Guru pemandu meminta setiap guru peserta agar membaca uraian tugas terstruktur dan tugas mandiri.
4. Sebelum mengakhiri kegiatan guru pemandu menginformasikan topik belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu penyusunan laporan-2 dengan fokus pembahasan telaah draft laporan hasil tugas terstruktur dan melanjutkan menulis draft laporan secara individu.
5. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan adalah Bahan presentasi-5: Daftar pertanyaan refleksi.

Lanjutkan penulisan laporan PTK sampai final sehingga siap untuk diseminarkan. Buatlah abstraknya.
Carilah di ICT BERMUTU atau lainnya sumber belajar tentang teknik presentasi dan cara berkomunikasi yang andragogis. Bila Anda kesulitan mencarinya, mintalah tolong kepada Guru Pemandu/Guru Inti untuk mebantunya. Silahkan Anda pelajari sehingga saat nanti Anda melaporkan hasil PTK dalam seminar dapat berjalan lancar.

F. PENILAIAN
Dokumen portofolio belajar hasil tugas terstruktur dan tugas mandiri setiap guru peserta pada topik Penyusunan Laporan-2 ini adalah laporan PTK yang datanya diperoleh dari pelaksanaan tindakan di kelas masing-masing guru peserta.

G. LAMPIRAN TOPIK PENYUSUNAN LAPORAN-2:
1. BAHAN PRESENTASI

NOMOR JUDUL
Bahan Presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan Presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan Presentasi-3 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan Presentasi-4 Daftar pertanyaan refleksi

BAHAN PRESENTASI-1: Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan (pertama)
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Belajar Hasil Belajar yang diharapkan
Guru peserta mampu menyusun laporan PTK
Guru peserta mampu:
1. Menjelaskan makna dari bagian-bagian pada sistematika laporan
2. Menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan • Tanya jawab tentang sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.
• Diskusi kelompok menilai contoh laporan PTK
• Latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan secara open class.
• Latihan individu menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta belajar. • Dipahaminya cara menulis laporan PTK
• Tersusunnya draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing

BAHAN PRESENTASI-2: Kedudukan Prosedur Penyusunan Laporan dalam urutan PTK
BAHAN PRESENTASI-3: Aspek Penilaian Laporan PTK
No. KOMPONEN ASPEK YANG DINILAI
1. Abstrak Munculnya unsur latar belakang, tujuan, prosedur dan hasil penelitian
2. Pendahuluan a. Latar belakang memuat uraian masalah, data awal akar terjadinya masalah, uraian lokasi dan waktu, pentingnya maslah diatasi
b. Kejelasan dan konsistensi rumusan masalah, tujuan dan manfaat
3. Kajian Teori/Pustaka a. Kejelasan teori terkait dalam memberi arah atau petunjuk pada pelaksanaan penelitian
b. Argumen teoritis tentang kemungkinan suatu tindakan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar
4. Pelaksanaan Penelitian a. Kejelasan dan kelengkapan uraian tahapan siklus
b. Alur dan isi dari uraian penggunaan instrumen, validasi hipotesa tindakan dan cara refleksi
c. Keterkaitan tindakan dan penyebab masalah
d. Kelogisan dari tindakan yang dipilih
e. Keterlaksanaan tindakan dari segi waktu, biaya dan sarana prasarana
f. Kerjasma/kolaborasi dengan pihak lain
g. Jumlah siklus (lebih dari satu atau tidak)
5. Hasil Penelitian Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap. Setiap siklus:
1. Perencanaan: diuraikan tindakan khas yang dilakukan trlihat bedanya dengan pembelajaran biasa
2. Pelaksanaan: diuraikan pelaksanaan tindakan
3. Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil autentik disajikan.
4. Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan, kelemahan dan rencana berikutnya. Mengapa berhasil? Mengapa tidak berhasil? Apa yang harus dilakukan selanjutnya?
6. Kesimpulan dan rekomendasi 1. Kesesuaian hasil penelitian dengan tujuan
2. Saran untuk penelitian dan tujuan selanjutnya
3. Saran untuk penerapan hasil
7. Daftar Pustaka 1. Penulisan daftar pustaka sesuai aturan dan konsisten
2. Kelengkapan lampiran

Dimodifikasi dari Suharjono (dalam Suharsimi, 2006:89-90)
BAHAN PRESENTASI-6: Daftar Pertanyaan Refleksi
2. SUMBER BELAJAR

NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Module PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK disertai abstraknya ICT BERMUTU/ diusahakan Guru Pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)

SUMBER BELAJAR 3: Contoh Sistematika Laporan PTK
Judul (halaman judul) Memuat judul penelitian, nama-nama peneliti, nama institusi dan tahun.
Lembar Pengesahan Berisi pengesahan oleh Guru Pemandu, Pembimbing dan Kepala Sekolah tempat penelitian.
Kata Pengantar Berisi kata sambutan dan topik yang akan di bahas penulis.
Abstrak Berisi saripati unsur-unsur penelitian: permasalahan, tujuan, prosedur penelitian, hasil penelitian, kesimpu-lan, dan saran, ditulis tidak melebihi satu halaman.
Daftar isi Berisi daftar judul-judul di dalam laporan dan nomor halamannya.
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang: uraian masalah pembelajaran, identifi-kasi dan analisis masalah, akar penyebab masalah, pentingnya masalah tersebut untuk diatasi.
B. Perumusan Masalah: berisi hasil identifikasi dan analisis masalah sebagai rumusan masalah ditulis dalam kalimat tanya, yang akan dpecahkan melalui penelitian.
C. Tujuan Penelitian: ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. Tujuan Penelitian berbeda dengan tujuan pembelajaran.
D. Manfaat Penelitian: penjelasan tentang manfaat peneli-tian bagi guru, siswa, lembaga dan pengembangan pem-belajaran.
E. Definis Operasional: penjelasan tentang pengertian atau maksud atau batasan dari istialah utama yang digunakan, khususnya dalam judul penelitian.
BAB II: KAJIAN PUSTAKA
Uraian kajian konsep, teori, pendapat pakar, pengalaman nyata, hasil-hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan tindakan perbaikan yang direncanakan dapat mengatasi masalah. Dari kajian pustaka iniharus menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang didasarkan pada kajian pustaka.
BAB III: PELAKSANAAN PENELITIAN
Uraian tentang subjek penelitian, tempat penelitian, waktu penelitian, prosedur setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan dan pengumpulan data, refleksi).
BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
• Uraian tentang data hasil penelitian, mulai dari hasil observasi awal, pelaksanaan pada siklus I, dst.
• Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah.
• Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian, dapat pula ditulis terpisah setelah sajian hasil penelitian Setiap sajian hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya seperti itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori, pendapat pakar, atau penelitian lain dalam kajian pustaka.
BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah, sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA Daftar semua referensi (buku, artikel, jurnal, dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan tertentu (biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, nama jurnal dan nomor/edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).

LAMPIRAN RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, hasil kegiatan belajar, hasil tes, foto-foto kegiatan, dokumen lain yang dianggap perlu dilampirkan.

%d blogger menyukai ini: