BBM BERMUTU MGMP

10 Nov

BAHAN BELAJAR MANDIRI
TOPIK : PENYUSUNAN LAPORAN PTK

Topik penyusunan laporan PTK dibahas dalam 2 tahap. Pertemuan ini adalah yang pertama. Pembahasan difokuskan pada cara penulisan laporan. Pembahasan sangat berhubungan dengan seluruh rangkaian tindakan perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan oleh masing-masing guru peserta sebagai hasil penyelesaian tugas terstruktur pada minggu-minggu sebelumnya. Oleh karena itu, pada pertemuan ini setiap guru peserta harus membawa hasil tugas terstruktur dari awal sampai akhir, khususnya hasil analisis dan interpretasi data, refleksi dan rencana tindak lanjut siklus 1 dan 2.

A. PENGANTAR
Setelah melaksanakan seluruh rangkaian proses perbaikan pembelajaran dengan format PTK, yaitu dari mengidentifikasi masalah, merencanakan dan melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran, melakukan refleksi dan menindaklanjutinya maka bagian akhir yang harus dilakukan adalah menulis laporan tentang apa yang telah dilakukan itu. Penulisan laporan PTK penting dilakukan karena bukti utama bahwa telah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan PTK dilihat dari laporannya. Dalam konteks belajar BERMUTU, laporan kegiatan perbaikan pembelajaran yang ditulis oleh setiap guru peserta belajar akan menjadi salah satu bukti fisik dari keikutsertaaanya dalam proses belajar BERMUTU. Oleh karena itu, memahami cara menulis laporan PTK sangatlah penting.

Pembahasan topik penyusunan laporan pertama ini mencakup: sistematika laporan PTK, maksud dari tiap bagian laporan PTK, latihan menulis draf laporan PTK (termasuk abstrak laporan). Dalam belajar topik penyusunan laporan ini, para guru peserta belajar akan melaksanakan dua tahap kegiatan belajar, yaitu sesi di MGMP dan penyelesaian tugas terstruktur dan tugas mandiri.

Kegiatan sesi di MGMP:
1. Melakukan tanya jawab tentang sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.
2. Berdiskusi kelompok menilai contoh laporan PTK
3. Melakukan latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan secara open class.
4. Melakukan latihan individu menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta.
5. Menyusun rangkuman dan refleksi hasil belajar pada pertemuan yang baru saja diikuti.
6. Membaca tugas terstruktur dan tugas mandiri

Kegiatan Tugas Terstruktur dan Mandiri
Para guru disiapkan untuk melaksanakan tugas terstruktur dan tugas mandiri sebagai rangkaian dari kegiatan tatap muka di MGMP.

B. KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai pada pertemuan ini sebagai berikut.
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi
Guru peserta mampu menulis laporan PTK Guru peserta mampu:
a. menjelaskan makna dari bagian-bagian pada sistematika laporan
b. menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan

C. PERSIAPAN
1. Untuk mempelajari topik analisis dan interpretasi data ini, guru pemandu perlu mempelajari sumber belajar yang relevan dan mempersiapkan bahan presentasi.

NOMOR JUDUL
Bahan presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan presentasi-4 Sistematika laporan PTK
Bahan presentasi-5 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan presentasi-6 Daftar pertanyaan refleksi

2. Guru pemandu menyiapkan alat yang diperlukan dalam sesi ini misal: papan tulis/ kertas plano, kapur/spidol, OHP/OHT, LCD dan laptop (bila memungkinkan).

D. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang dapat digunakan guru peserta dalam kegiatan ini antara lain:

NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Modul PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK ICT BERMUTU/ diusahakan guru pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan belajar tatap muka di MGMP dikelola dalam waktu 4 x 50 menit.

Penjelasan Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan-1 (10 menit):

1. Informasi kegiatan mencakup penjelasan tentang topik yang akan dipelajari, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, hasil yang diharapkan dicapai dan penguatan.
2. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi -1: Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK, (b) Bahan presentasi-2: Kedudukan Penyusunan Laporan dalam urutan PTK.

Kegiatan-2 (20 menit):

Rembug sejoli memeriksa dan mengoreksi hasil refleksi dan rencana kegiatan tindak lanjut hasil tugas terstruktur.

1. Guru pemandu memandu kegiatan rembug sejoli. Guru peserta diminta untuk berpasangan saling memeriksa dan mengoreksi hasil tugas tertruktur masing-masing.
2. Hasil rembug sejoli: hasil refleksi dan rencana kegiatan tindak lanjut (siklus 2) yang sudah ditelaah oleh guru pemandu belajar lain (pasangannya).

Kegiatan-3 (20 menit):

Tanya-jawab mengingatkan kembali sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.

1. Dipimpin oleh guru pemandu kegiatan diawali dengan tanya-jawab mengingatkan tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang pernah dipelajari pada Bahan Belajar Mandiri Generik/Umum. Bila dari tanya jawab itu sebagian besar guru peserta belum mampu menjawab pertanyaan dengan baik maka guru pemandu memberikan pemaparan tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya.
2. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-3: Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab, (b) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (c) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK
3. Hasil tanya jawab: pemahaman guru peserta tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang lebih baik.

Kegiatan-4 (40 menit):

Diskusi kelompok menilai contoh laporan PTK.
1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan diskusi kelompok.
2. Setiap kelompok diberi contoh laporan PTK. Laporan PTK yang diberikan pada tiap kelompok dapat sama atau berbeda, tergantung pada tersedianya contoh laporan PTK di MGMP.
3. Kegiatan menilai laporan PTK menggunakan kriteria laporan PTK.
4. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-5: Aspek Penilaian Laporan PTK, (b) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK.
5. Hasil diskusi kelompok: pemahaman guru peserta tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang semakin baik.

Kegiatan-5 (50 menit):
Latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan latihan.
2. Guru peserta secara kelompok berlatih menulis laporan PTK dengan data dari hasil pelaksanaan tindakan pada open class. Kegiatan latihan ini difasilitasi hasil analisis dan interpretasi data serta hasil refleksi dari kegiatan pelaksanaan tindakan pada open class.
3. Mengingat terbatasnya waktu, setiap kelompok dapat bertugas menulis bab yang berbeda, namun pada akhirnya setiap kelompok harus melaporkan hasil laporannya untuk diketahui kelompok lain (dengan cara difotokopi).
4. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (b) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK, (c) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK,
5. Hasil latihan: tersusunnya draft laporan PTK yang yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

Kegiatan-6 (40 menit):
Presentasi hasil latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

1. Setiap kelompok melaporkan hasil latihannya menulis laporan PTK yang kemudian ditelaah secara klasikal. Guru pemandu mengarahkan kegiatan presentasi tiap kelompok.
2. Kegiatan menganalisis dan menginterpretasi data dihubungkan dengan pertanyaan/rumusan masalah yang telah ditetapkan pada rencana tindakan. Bila diperlukan, dapat dirujuk contoh menganalisis dan menginterpretasi data pada sumber belajar.
3. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (b) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK.
4. Hasil latihan: (a) pemahaman yang lebih baik pada guru peserta tentang cara menulis laporan PTK, (b) tersusunnya draft laporan PTK yang yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

Kegiatan-7 (20 menit):
Rangkuman dan refleksi hasil belajar tentang penyusunan laporan dilanjutkan informasi tugas terstruktur dan mandiri.

1. Rangkuman dapat diuraikan oleh guru pemandu belajar.
2. Setelah guru peserta mencoba mengemukakan rangkuman, guru pemandu mengingatkan contoh rangkuman penyusunan laporan yang dimuat pada sumber belajar.
3. Kegiatan refleksi dapat mengacu pada daftar pertanyaan refleksi.
4. Guru pemandu meminta setiap guru peserta agar bersama-sama membaca uraian tugas terstruktur dan tugas mandiri.
5. Sebelum mengakhiri kegiatan guru pemandu menginformasikan topik belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu penyusunan laporan-2 dengan fokus pembahasan telaah draft laporan hasil tugas terstruktur dan melanjutkan menulis draft laporan secara individu.
6. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: Bahan presentasi-6: Daftar pertanyaan refleksi.
Tulislah laporan PTK yang telah Anda laksanakan di kelas Anda.

Pilih salah satu laporan PTK yang dapat diakses melalui ICT BERMUTU atau lainnya. Cermati isinya. Apakah isinya sudah sesuai dengan sistematika laporan PTK yang dimuat pada sumber belajar? Jelaskan pendapat Anda.
F. PENILAIAN
Dokumen portofolio belajar hasil tugas terstruktur dan tugas mandiri setiap guru peserta pada topik Penyusunan Laporan ini adalah draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari pelaksanaan tindakan di kelas masing-masing guru peserta.

G. LAMPIRAN TOPIK PENYUSUNAN LAPORAN 1:
1. BAHAN PRESENTASI
NOMOR JUDUL
Bahan presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan presentasi-4 Sistematika laporan PTK
Bahan presentasi-5 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan presentasi-6 Daftar pertanyaan refleksi

BAHAN PRESENTASI-1: Informasi Kegiatan pada Pertemuan Tentang Penyusunan Laporan (Pertama)
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Belajar Hasil Belajar yang diharapkan
Guru peserta mampu menyusun laporan PTK
Guru peserta mampu:
1. Menjelaskan makna dari bagian-bagian pada sistematika laporan
2. Menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan • Tanya jawab tentang sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.
• Diskusi kelompok menilai contoh laporan PTK
• Latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan secara open class.
• Latihan individu menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta. • Dipahaminya cara menulis laporan PTK
• Tersusunnya draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing

BAHAN PRESENTASI-2: Kedudukan Prosedur Penyusunan Laporan dalam Urutan PTK
BAHAN PRESENTASI-3: Daftar Pertanyaan untuk Tanya Jawab
BAHAN PRESENTASI-4: Sistematika Laporan PTK ((Sumber: Bahan Belajar Mandiri Generik PTK, 2008)
BAHAN PRESENTASI-5: Aspek Penilaian Laporan PTK
No. KOMPONEN ASPEK YANG DINILAI
1. Abstrak Munculnya unsur latar belakang, tujuan, prosedur dan hasil penelitian
2. Pendahuluan a. Latar belakang memuat uraian masalah, data awal akar terjadinya masalah, uraian lokasi dan waktu, pentingnya maslah diatasi
b. Kejelasan dan konsistensi rumusan masalah, tujuan dan manfaat
3. Kajian Teori/Pustaka a. Kejelasan teori terkait dalam memberi arah atau petunjuk pada pelaksanaan penelitian
b. Argumen teoritis tentang kemungkinan suatu tindakan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar
4. Pelaksanaan Penelitian a. Kejelasan dan kelengkapan uraian tahapan siklus
b. Alur dan isi dari uraian penggunaan instrumen, validasi hipotesa tindakan dan cara refleksi
c. Keterkaitan tindakan dan penyebab masalah
d. Kelogisan dari tindakan yang dipilih
e. Keterlaksanaan tindakan dari segi waktu, biaya dan sarana prasarana
f. Kerjasma/kolaborasi dengan pihak lain
g. Jumlah siklus (lebih dari satu atau tidak)
5. Hasil Penelitian Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap. Setiap siklus:
1. Perencanaan: diuraikan tindakan khas yang dilakukan trlihat bedanya dengan pembelajaran biasa
2. Pelaksanaan: diuraikan pelaksanaan tindakan
3. Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil autentik disajikan.
4. Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan, kelemahan dan rencana berikutnya. Mengapa berhasil? Mengapa tidak berhasil? Apa yang harus dilakukan selanjutnya?
6. Kesimpulan dan rekomendasi 1. Kesesuaian hasil penelitian dengan tujuan
2. Saran untuk penelitian dan tujuan selanjutnya
3. Saran untuk penerapan hasil
7. Daftar Pustaka 1. Penulisan daftar pustaka sesuai aturan dan konsisten
2. Kelengkapan lampiran

Dimodifikasi dari Suharjono (dalam Suharsimi, 2006:89-90)

BAHAN PRESENTASI-6: Daftar Pertanyaan Refleksi

2. SUMBER BELAJAR
NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Module PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK ICT BERMUTU/ diusahakan guru pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)
SUMBER BELAJAR 3: Contoh Sistematika Laporan PTK (Sumber: Bahan Belajar Mandiri Generik PTK, 2008)
Judul (halaman judul) Memuat judul penelitian, nama-nama peneliti, nama institusi dan tahun.
Lembar Pengesahan Berisi pengesahan oleh Guru Pemandu, Pembimbing dan Kepala Sekolah tempat penelitian.
Kata Pengantar Berisi kata sambutan dan topik yang akan di bahas penulis.
Abstrak Berisi saripati unsur-unsur penelitian: permasalahan, tujuan, prosedur penelitian, hasil penelitian, kesimpu-lan, dan saran, ditulis tidak melebihi satu halaman.
Daftar isi Berisi daftar judul-judul di dalam laporan dan nomor halamannya.
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang: uraian masalah pembelajaran, identifi-kasi dan analisis masalah, akar penyebab masalah, pentingnya masalah tersebut untuk diatasi.
B. Perumusan Masalah: berisi hasil identifikasi dan analisis masalah sebagai rumusan masalah ditulis dalam kalimat tanya, yang akan dpecahkan melalui penelitian.
C. Tujuan Penelitian: ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. Tujuan Penelitian berbeda dengan tujuan pembelajaran.
D. Manfaat Penelitian: penjelasan tentang manfaat peneli-tian bagi guru, siswa, lembaga dan pengembangan pembelajaran.
E. Definis Operasional: penjelasan tentang pengertian atau maksud atau batasan dari istialah utama yang digunakan, khususnya dalam judul penelitian.

BAB II: KAJIAN PUSTAKA
Uraian kajian konsep, teori, pendapat pakar, pengalaman nyata, hasil-hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan tindakan perbaikan yang direncanakan dapat mengatasi masalah. Dari kajian pustaka iniharus menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang didasarkan pada kajian pustaka.

BAB III: PELAKSANAAN PENELITIAN
Uraian tentang subjek penelitian, tempat penelitian, waktu penelitian, prosedur setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan dan pengumpulan data, refleksi).

BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
 Uraian tentang data hasil penelitian, mulai dari hasil observasi awal, pelaksanaan pada siklus I, dst.
 Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah.
 Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian, dapat pula ditulis terpisah setelah sajian hasil penelitian Setiap sajian hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya seperti itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori, pendapat pakar, atau penelitian lain dalam kajian pustaka.

BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah, sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA Daftar semua referensi (buku, artikel, jurnal, dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan tertentu (biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, nama jurnal dan nomor/edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).

LAMPIRAN RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, hasil kegiatan belajar, hasil tes, foto-foto kegiatan, dokumen lain yang dianggap perlu dilampirkan.

SUMBER BELAJAR-5 (juga ada di Buku Kerja): Uraian Tugas Terstruktur dan Mandiri
Tugas Terstruktur:
Tulislah laporan PTK yang telah Anda laksanakan di kelas Anda.
Tugas Mandiri:
Pilih salah satu laporan PTK yang dapat diakses melalui ICT BERMUTU atau lainnya. Cermati isinya. Apakah isinya sudah sesuai dengan sistematika laporan PTK yang dimuat pada Sumber Belajar- 4? Jelaskan pendapat Anda.

B. KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai pada pertemuan ini sebagai berikut.

Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi
Guru peserta mampu menulis laporan PTK Guru peserta mampu:
a. menjelaskan makna dari bagian-bagian pada sistematika laporan
b. menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan

C. PERSIAPAN

1. Untuk mempelajari topik analisis dan interpretasi data ini, guru pemandu perlu mempelajari sumber belajar yang relevan dan mempersiapkan bahan presentasi.

NOMOR JUDUL
Bahan presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan presentasi-4 Sistematika laporan PTK
Bahan presentasi-5 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan presentasi-6 Daftar pertanyaan refleksi

2. Guru pemandu menyiapkan alat yang diperlukan dalam sesi ini misal: papan tulis/ kertas plano, kapur/spidol, OHP/OHT, LCD dan laptop (bila memungkinkan).

D. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang dapat digunakan guru peserta dalam kegiatan ini antara lain:

NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Modul PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK ICT BERMUTU/ diusahakan guru pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan belajar tatap muka di MGMP dikelola dalam waktu 4 x 50 menit.

Penjelasan Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan-1 (10 menit):

1. Informasi kegiatan mencakup penjelasan tentang topik yang akan dipelajari, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, hasil yang diharapkan dicapai dan penguatan.
2. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi -1: Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK, (b) Bahan presentasi-2: Kedudukan Penyusunan Laporan dalam urutan PTK.

Kegiatan-2 (20 menit):

Rembug sejoli memeriksa dan mengoreksi hasil refleksi dan rencana kegiatan tindak lanjut hasil tugas terstruktur.

1. Guru pemandu memandu kegiatan rembug sejoli. Guru peserta diminta untuk berpasangan saling memeriksa dan mengoreksi hasil tugas tertruktur masing-masing.
2. Hasil rembug sejoli: hasil refleksi dan rencana kegiatan tindak lanjut (siklus 2) yang sudah ditelaah oleh guru pemandu belajar lain (pasangannya).

Kegiatan-3 (20 menit):

Tanya-jawab mengingatkan kembali sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.

1. Dipimpin oleh guru pemandu kegiatan diawali dengan tanya-jawab mengingatkan tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang pernah dipelajari pada Bahan Belajar Mandiri Generik/Umum. Bila dari tanya jawab itu sebagian besar guru peserta belum mampu menjawab pertanyaan dengan baik maka guru pemandu memberikan pemaparan tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya.
2. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-3: Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab, (b) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (c) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK
3. Hasil tanya jawab: pemahaman guru peserta tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang lebih baik.

Kegiatan-4 (40 menit):

Diskusi kelompok menilai contoh laporan PTK.

1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan diskusi kelompok.
2. Setiap kelompok diberi contoh laporan PTK. Laporan PTK yang diberikan pada tiap kelompok dapat sama atau berbeda, tergantung pada tersedianya contoh laporan PTK di MGMP.
3. Kegiatan menilai laporan PTK menggunakan kriteria laporan PTK.
4. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-5: Aspek Penilaian Laporan PTK, (b) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK.
5. Hasil diskusi kelompok: pemahaman guru peserta tentang sistematika laporan PTK dan makna bagian-bagiannya yang semakin baik.

Kegiatan-5 (50 menit):

Latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan latihan.
2. Guru peserta secara kelompok berlatih menulis laporan PTK dengan data dari hasil pelaksanaan tindakan pada open class. Kegiatan latihan ini difasilitasi hasil analisis dan interpretasi data serta hasil refleksi dari kegiatan pelaksanaan tindakan pada open class.
3. Mengingat terbatasnya waktu, setiap kelompok dapat bertugas menulis bab yang berbeda, namun pada akhirnya setiap kelompok harus melaporkan hasil laporannya untuk diketahui kelompok lain (dengan cara difotokopi).
4. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (b) Sumber belajar-2: Contoh laporan PTK, (c) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK,
5. Hasil latihan: tersusunnya draft laporan PTK yang yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

Kegiatan-6 (40 menit):

Presentasi hasil latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

1. Setiap kelompok melaporkan hasil latihannya menulis laporan PTK yang kemudian ditelaah secara klasikal. Guru pemandu mengarahkan kegiatan presentasi tiap kelompok.
2. Kegiatan menganalisis dan menginterpretasi data dihubungkan dengan pertanyaan/rumusan masalah yang telah ditetapkan pada rencana tindakan. Bila diperlukan, dapat dirujuk contoh menganalisis dan menginterpretasi data pada sumber belajar.
3. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan presentasi-4: Sistematika laporan PTK, (b) Sumber belajar-3: Contoh Sistematika Laporan PTK.
4. Hasil latihan: (a) pemahaman yang lebih baik pada guru peserta tentang cara menulis laporan PTK, (b) tersusunnya draft laporan PTK yang yang datanya diperoleh dari kegiatan pelaksanaan tindakan secara open class.

Kegiatan-7 (20 menit):

Rangkuman dan refleksi hasil belajar tentang penyusunan laporan dilanjutkan informasi tugas terstruktur dan mandiri.

1. Rangkuman dapat diuraikan oleh guru pemandu belajar.
2. Setelah guru peserta mencoba mengemukakan rangkuman, guru pemandu mengingatkan contoh rangkuman penyusunan laporan yang dimuat pada sumber belajar.
3. Kegiatan refleksi dapat mengacu pada daftar pertanyaan refleksi.
4. Guru pemandu meminta setiap guru peserta agar bersama-sama membaca uraian tugas terstruktur dan tugas mandiri.
5. Sebelum mengakhiri kegiatan guru pemandu menginformasikan topik belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu penyusunan laporan-2 dengan fokus pembahasan telaah draft laporan hasil tugas terstruktur dan melanjutkan menulis draft laporan secara individu.
6. Bahan presentasi/sumber belajar yang digunakan: Bahan presentasi-6: Daftar pertanyaan refleksi.

Tulislah laporan PTK yang telah Anda laksanakan di kelas Anda.

Pilih salah satu laporan PTK yang dapat diakses melalui ICT BERMUTU atau lainnya. Cermati isinya. Apakah isinya sudah sesuai dengan sistematika laporan PTK yang dimuat pada sumber belajar? Jelaskan pendapat Anda.

F. PENILAIAN
Dokumen portofolio belajar hasil tugas terstruktur dan tugas mandiri setiap guru peserta pada topik Penyusunan Laporan ini adalah draft laporan PTK yang datanya diperoleh dari pelaksanaan tindakan di kelas masing-masing guru peserta.

G. LAMPIRAN TOPIK PENYUSUNAN LAPORAN 1:
1. BAHAN PRESENTASI
NOMOR JUDUL
Bahan presentasi-1 Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan laporan PTK (pertama)
Bahan presentasi-2 Kedudukan penyusunan laporan dalam urutan PTK
Bahan presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan presentasi-4 Sistematika laporan PTK
Bahan presentasi-5 Aspek penilaian laporan PTK
Bahan presentasi-6 Daftar pertanyaan refleksi

BAHAN PRESENTASI-1: Informasi Kegiatan pada Pertemuan Tentang Penyusunan Laporan (Pertama)

Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Belajar Hasil Belajar yang diharapkan
Guru peserta mampu menyusun laporan PTK
Guru peserta mampu:
1. Menjelaskan makna dari bagian-bagian pada sistematika laporan
2. Menulis laporan PTK sesuai sistematika laporan • Tanya jawab tentang sistematika dan makna dari bagian-bagian laporan PTK.
• Diskusi kelompok menilai contoh laporan PTK
• Latihan secara kelompok menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan secara open class.
• Latihan individu menulis draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta. • Dipahaminya cara menulis laporan PTK
• Tersusunnya draft laporan PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing

BAHAN PRESENTASI-2: Kedudukan Prosedur Penyusunan Laporan dalam Urutan PTK

BAHAN PRESENTASI-3: Daftar Pertanyaan untuk Tanya Jawab

BAHAN PRESENTASI-4: Sistematika Laporan PTK ((Sumber: Bahan Belajar Mandiri Generik PTK, 2008)

BAHAN PRESENTASI-5: Aspek Penilaian Laporan PTK
No. KOMPONEN ASPEK YANG DINILAI
1. Abstrak Munculnya unsur latar belakang, tujuan, prosedur dan hasil penelitian
2. Pendahuluan a. Latar belakang memuat uraian masalah, data awal akar terjadinya masalah, uraian lokasi dan waktu, pentingnya maslah diatasi
b. Kejelasan dan konsistensi rumusan masalah, tujuan dan manfaat
3. Kajian Teori/Pustaka a. Kejelasan teori terkait dalam memberi arah atau petunjuk pada pelaksanaan penelitian
b. Argumen teoritis tentang kemungkinan suatu tindakan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar
4. Pelaksanaan Penelitian a. Kejelasan dan kelengkapan uraian tahapan siklus
b. Alur dan isi dari uraian penggunaan instrumen, validasi hipotesa tindakan dan cara refleksi
c. Keterkaitan tindakan dan penyebab masalah
d. Kelogisan dari tindakan yang dipilih
e. Keterlaksanaan tindakan dari segi waktu, biaya dan sarana prasarana
f. Kerjasma/kolaborasi dengan pihak lain
g. Jumlah siklus (lebih dari satu atau tidak)
5. Hasil Penelitian Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap. Setiap siklus:
1. Perencanaan: diuraikan tindakan khas yang dilakukan trlihat bedanya dengan pembelajaran biasa
2. Pelaksanaan: diuraikan pelaksanaan tindakan
3. Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil autentik disajikan.
4. Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan, kelemahan dan rencana berikutnya. Mengapa berhasil? Mengapa tidak berhasil? Apa yang harus dilakukan selanjutnya?
6. Kesimpulan dan rekomendasi 1. Kesesuaian hasil penelitian dengan tujuan
2. Saran untuk penelitian dan tujuan selanjutnya
3. Saran untuk penerapan hasil
7. Daftar Pustaka 1. Penulisan daftar pustaka sesuai aturan dan konsisten
2. Kelengkapan lampiran

Dimodifikasi dari Suharjono (dalam Suharsimi, 2006:89-90)

BAHAN PRESENTASI-6: Daftar Pertanyaan Refleksi

2. SUMBER BELAJAR
NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Module PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Contoh Laporan PTK ICT BERMUTU/ diusahakan guru pemandu
Sumber Belajar-3 Contoh Sistematika Laporan PTK Dilampirkan (hand out)

SUMBER BELAJAR 3: Contoh Sistematika Laporan PTK (Sumber: Bahan Belajar Mandiri Generik PTK, 2008)
Judul (halaman judul) Memuat judul penelitian, nama-nama peneliti, nama institusi dan tahun.
Lembar Pengesahan Berisi pengesahan oleh Guru Pemandu, Pembimbing dan Kepala Sekolah tempat penelitian.
Kata Pengantar Berisi kata sambutan dan topik yang akan di bahas penulis.
Abstrak Berisi saripati unsur-unsur penelitian: permasalahan, tujuan, prosedur penelitian, hasil penelitian, kesimpu-lan, dan saran, ditulis tidak melebihi satu halaman.
Daftar isi Berisi daftar judul-judul di dalam laporan dan nomor halamannya.
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang: uraian masalah pembelajaran, identifi-kasi dan analisis masalah, akar penyebab masalah, pentingnya masalah tersebut untuk diatasi.
B. Perumusan Masalah: berisi hasil identifikasi dan analisis masalah sebagai rumusan masalah ditulis dalam kalimat tanya, yang akan dpecahkan melalui penelitian.
C. Tujuan Penelitian: ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. Tujuan Penelitian berbeda dengan tujuan pembelajaran.
D. Manfaat Penelitian: penjelasan tentang manfaat peneli-tian bagi guru, siswa, lembaga dan pengembangan pembelajaran.
E. Definis Operasional: penjelasan tentang pengertian atau maksud atau batasan dari istialah utama yang digunakan, khususnya dalam judul penelitian.

BAB II: KAJIAN PUSTAKA
Uraian kajian konsep, teori, pendapat pakar, pengalaman nyata, hasil-hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan tindakan perbaikan yang direncanakan dapat mengatasi masalah. Dari kajian pustaka iniharus menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang didasarkan pada kajian pustaka.

BAB III: PELAKSANAAN PENELITIAN
Uraian tentang subjek penelitian, tempat penelitian, waktu penelitian, prosedur setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan dan pengumpulan data, refleksi).

BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
 Uraian tentang data hasil penelitian, mulai dari hasil observasi awal, pelaksanaan pada siklus I, dst.
 Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah.
 Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian, dapat pula ditulis terpisah setelah sajian hasil penelitian Setiap sajian hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya seperti itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori, pendapat pakar, atau penelitian lain dalam kajian pustaka.

BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah, sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA Daftar semua referensi (buku, artikel, jurnal, dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan tertentu (biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, nama jurnal dan nomor/edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).

LAMPIRAN RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, hasil kegiatan belajar, hasil tes, foto-foto kegiatan, dokumen lain yang dianggap perlu dilampirkan.

SUMBER BELAJAR-5 (juga ada di Buku Kerja): Uraian Tugas Terstruktur dan Mandiri

Tugas Terstruktur:
Tulislah laporan PTK yang telah Anda laksanakan di kelas Anda.
Tugas Mandiri:
Pilih salah satu laporan PTK yang dapat diakses melalui ICT BERMUTU atau lainnya. Cermati isinya. Apakah isinya sudah sesuai dengan sistematika laporan PTK yang dimuat pada Sumber Belajar- 4? Jelaskan pendapat Anda.

%d blogger menyukai ini: