BAHAN RENUNGAN BUAT PENDIDIK

27 Okt

PENDIKAN YANG KITA BUTUHKAN
Oleh: Iwan Sumantri, S.Pd (Dari berbagai sumber)

Pendidikan merupakan proses persiapan menyeluruh dalam mempersiapkan generasi yang akan datang. Generasi yang dipersiapkan untuk hidup pada masa yang berbeda dengan masa pendidikan berlangsung. Untuk mempersiapkan generasi tersebut, minimal kita harus memparhatikan empat aspek pendidikan:

1. ASPEK PERTUMBUHAN PRIBADI
Meliputi pengembangan emosi yang terdiri dari rasa percaya diri,motivasi, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan menjalin relasi. Ingat Emosi adalah pintu gerbang ke arah belajar, jika pengembangan emosi diabaikan pintu gerbang belajar akan tertutup. Pendidikan yang baik akan menciptakan generasi yang cerdas hatinya dan cerdas otaknya.

2. ASPEK KETERAMPILAN HIDUP
Meliputi pengembangan kemampuan kemandirian,pemecahan masalah secara kreatif, perencanaan ulang karier,ilmu ekonomi, managemen konflik, dan teknologi berbasis komputer. Pengembangan keterampilan hidup yang berhasil akan mewujudkan generasi yang siap hidup pada masa apa saja, bahkan siap hidup pada masa hidup setelah mati.

3. ASPEK “BELAJAR UNTUK BELAJAR” DAN “ BELAJAR UNTUK BERFIKIR”
Meliputi pengembangan keterampilan “ how to “ untuk otak, sehingga pembelajaran sepanjang hayat menjadi mengasyikan, cepat dan kreatif. Pengembangan aspek ini akan menghasilkan “ otak second” yang penuh muatan, dan bukan “otak orisinil” yang tidak pernah dipakai.

4. ASPEK ISI
Meliputi semua materi pelajaran dengan tema-tema terpadu. Sebagian besar kurikulum pendidikan sudah memberikan muatan lebih pada aspek isi, namun kurang memberikan muatan dalam keterpaduannya. Keterpaduan materi akan membiasakan manusia berfikir secara menyeluruh, dan tidak terpaku pada bagian tertentu yang terkadang semu.

%d blogger menyukai ini: