BBM MGMP BERMUTU

23 Okt

BAHAN BELAJAR MANDIRI
PENYSUNAN PROPOSAL PTK
Oleh : Iwan Sumantri

A. PENGANTAR
Setelah mengidentifikasi dan merumuskan masalah serta menentukan rencana tindakan perbaikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi maka hendaknya seluruh rangkaian kegiatan itu diorganisir dengan baik dalam bentuk proposal. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah proses pelaksanaan tindakan dan penyusunan laporan. Oleh karena itu topik penyusunan proposal ini sangat penting dipelajari.
Proposal PTK merupakan paparan rencana kegiatan yang dituangkan dalam bentuk naratif guna mengorganisasi-kan seluruh rangkaian tahap kegiatan PTK. Penyusunan proposal PTK yang dipelajari pada pertemuan ini merupakan kelanjutan dari proses identifikasi masalah dan rencana tindakan yang telah dilakukan oleh setiap guru pada kegiatan belajar sesi sebelumnya. Dalam pertemuan ini akan dipelajari bagian-bagian dari proposal PTK dan makna masing-masing bagian serta latihan menyusun proposal PTK
Dalam belajar topik penyusunan proposal ini, para guru peserta akan melaksanakan dua tahap kegiatan belajar, yaitu: yaitu kegiatan di MGMP dan kegiatan tugas terstruktur dan tugas mandiri.
Kegiatan sesi di MGMP:
1. Menyimak contoh proposal PTK matematika dan tanya jawab mengingat kembali tentang format proposal PTK dan makna dari bagian-bagiannya.
2. Melakukan diskusi kelas dan latihan menulis pertanyaan penelitian (hipotesa tindakan) dari satu masalah terpilih yang pelaksanaan tindakannya akan dilakukan secara open class (milik guru model).
3. Melakukan diskusi kelas dan latihan menyusun proposal PTK dari satu masalah terpilih yang pelaksanaan tindakannya akan dilakukan secara open class (milik guru model).
4. Melakukan latihan individu menulis proposal PTK berdasar rumusan masalah dan rencana tindakan yang telah disusun oleh masing-masing guru peserta.
5. Menyusun rangkuman dan refleksi hasil belajar pada pertemuan yang baru saja diikuti.
6. Membaca tugas terstruktur dan tugas mandiri
Kegiatan Tugas Terstruktur dan Belajar Mandiri
Para guru disiapkan untuk melaksanakan tugas terstruktur dan tugas mandiri sebagai rangkaian dari kegiatan tatap muka di MGMP. Tugas terstruktur dan belajar mandiri pada topik penyusunan proposal ini dilaksanakan mengacu pada rumusan masalah dan rencana tindakan hasil tugas terstruktur masing-masing guru pada kegiatan belajar sebelumnya (Identifikasi dan Perencanaan Tindakan). Uraian kegiatan terstruktur dan tugas mandiri diuraikan pada bagian kegiatan pembelajaran (bagian E).

B. KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai pada prosedur perencanaan tindakan adalah sebagai berikut.
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi
Guru mampu menyusun proposal PTK Guru peserta mampu:
a. Menjelaskan bagian-bagian dari proposal PTK
b. Merumuskan pertanyaan penelitian atau hipotesa tindakan
c. Menulis proposal PTK

C. PERSIAPAN
1. Untuk mempelajari topik identifikasi dan perumusan masalah, guru pemandu perlu mempelajari topik dan sumber belajar yang relevan serta menyiapkan bahan presentasi.
NOMOR JUDUL
Bahan Presentasi-1 Informasi Kegiatan Pertemuan Penyusunan Proposal PTK
Bahan Presentasi-2 Kedudukan penyusunan proposal dalam urutan PTK
Bahan Presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan Presentasi-4 Daftar pertanyaan refleksi

2. Guru pemandu menyiapkan alat yang diperlukan dalam sesi ini misal: papan tulis/kertas plano/kapur/spidol, OHP/OHT, LCD dan laptop (bila memungkinkan) dan sumber belajar berbentuk hand out yang akan didistribusikan kepada guru peserta.

D. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang dapat digunakan guru dalam kegiatan ini antara lain:
NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Modul PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Buku-buku tentang PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-3 Contoh Proposal PTK Matematika SMP ICT BERMUTU/ guru pemandu
Sumber Belajar-4 Contoh Format Proposal PTK Dilampirkan (hand out)
Sumber Belajar-5 Contoh Hipotesis Tindakan dan Judul PTK Dilampirkan (hand out)

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan belajar tatap muka di MGMP dikelola dalam waktu 4 x 50 menit.

Penjelasan Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan-1 (10 menit):
1. Informasi kegiatan mencakup penjelasan tentang topik yang akan dipelajari, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, hasil yang diharapkan dicapai dan penguatan.
2. Bahan Presentasi yang digunakan: (a) Bahan Presentasi -1: Informasi kegiatan pada pertemuan tentang penyusunan proposal, (b) Bahan Presentasi-2: Kedudukan Penyusunan Proposal PTK dalam urutan PTK.

Kegiatan-2 (25 menit):
Rembug sejoli memeriksa dan mengoreksi rencana tindakan perbaikan pembelajaran hasil tugas tersruktur.
1. Guru pemandu memimpin kegiatan rembug sejoli. Pasangan dalam rembug sejoli diatur oleh Guru pemandu dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mendukung lancarnya kegiatn rembug sejoli.
2. Hasil rembug sejoli: rencana tindakan perbaikan pembelajaran masing-masing guru peserta yang sudah ditelaah oleh guru peserta lain (pasangannya).
Kegiatan-3 (15 menit):
Menyimak contoh proposal PTK matematika SMP dan tanya-jawab mengingatkan kembali sistematika dan makna dari bagian-bagian proposal PTK.
1. Dipimpin oleh guru pemandu kegiatan diawali dengan tanya-jawab mengingatkan tentang sistematika proposal PTK dan makna bagian-bagiannya yang pernah dipelajari pada Bahan Belajar Mandiri Generik/Umum. Bila dari tanya jawab itu sebagian besar guru peserta belum mampu menjawab pertanyaan dengan baik maka Guru pemandu memberikan pemaparan tentang sistematika proposal PTK dan makna bagian-bagiannya.
2. Bahan Presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Bahan Presentasi-3: Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab, (b) Sumber Belajar-3: Contoh proposal PTK matematika SMP, (c) Sumber Belajar-3: Contoh format proposal PTK.
3. Hasil tanya jawab: pemahaman yang lebih baik dari guru peserta tentang format proposal PTK dan makna bagian-bagiannya.

Kegiatan-4 (30 menit):
Diskusi kelas dan latihan menulis pertanyaan penelitian (hipotesa tindakan) berdasarkan rumusan masalah dan rencana tindakan hasil tugas terstruktur milik calon guru model pada open class
1. Guru pemandu memimpin kegiatan diskusi dan latihan.
2. Rumusan masalah dan rencana tindakan yang dibuatkan pertanyaan penelitiannya adalah milik guru model dalam pelaksanaan open class pada pertemuan berikutnya.
3. Bahan Presentasi/sumber belajar yang digunakan: Sumber belajar-4: Contoh hipotesis tindakan dan judul PTK
4. Hasil diskusi dan latihan: tersusunnya hipotesis tindakan yang pelaksanaan tindakannya akan dilaksanakan secara open class oleh guru model pada pertemuan berikutnya.
Kegiatan-5 (60 menit):
Diskusi kelas dan latihan menyusun proposal berdasarkan masalah dan rencana tindakan hasil tugas terstruktur milik calon guru model pada open class.
1. Guru pemandu memimpin kegiatan diskusi dan latihan menyusun proposal.
2. Penulisan proposal didasarkan pada pertanyaan penelitian dan rencana tindakan dibuatkan milik guru model dalam pelaksanaan open class pada pertemuan berikutnya.
3. Bahan Presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Sumber Belajar-3: Contoh proposal PTK matematika SMP, (b) ) Sumber belajar-4: Contoh format proposal PTK.
4. Hasil diskusi dan latihan: tersusunnya proposal PTK yang pelaksanaan tindakannya akan dilaksanakan secara open class oleh guru model pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan-6 (40 menit):
Latihan individu menulis pertanyaan penelitian dan proposal PTK berdasar rumusan masalah dan rencana tindakan yang telah disusun oleh masing-masing guru peserta.
1. Guru pemandu mengarahkan kegiatan latihan menulis pertanyaan penelitian dan proposal.
2. Penulisan pertanyaan penelitian dan proposal didasarkan pada rumusan masalah dan rencana tindakan milik masing-masing.
3. Bahan Presentasi/sumber belajar yang digunakan: (a) Sumber Belajar-3: Contoh proposal PTK matematika SMP, (b) ) Sumber belajar-4: Contoh format proposal PTK, (c) Sumber Belajar-5: Contoh hipotesis tindakan dan judul pTK.
4. Hasil latihan individu: tersusunnya proposal PTK yang pelaksanaan tindakannya akan dilaksanakan pada pada pertemuan berikutnya di kelas masing-masing guru peserta.

Kegiatan-7 (20 menit):
Rangkuman dan refleksi diri hasil belajar tentang penyusunan proposal PTK dilanjutkan informasi tugas terstruktur dan belajar mandiri
1. Rangkuman dapat diuraikan oleh guru peserta.
2. Kegiatan refleksi dapat mengacu pada daftar pertanyaan refleksi.
3. Guru pemandu meminta setiap guru peserta agar bersama-sama membaca uraian tugas terstruktur dan tugas mandiri yang ada pada lampiran sumber belajar dan Buku Kerja.
4. Sebelum mengakhiri kegiatan Fasilitator/Guru pemandu menginformasikan topik belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu pelaksanaan tindakan.
5. Bahan Presentasi/sumber belajar yang digunakan: Bahan Presentasi-4: Daftar pertanyaan refleksi.

Bagian I
Pilih salah satu proposal PTK yang dapat diakses melalui ICT BERMUTU. Cermati isinya, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah uraian latar belakang menggambarkan adanya identifikasi masalah?
2. Apakah rumusan masalah sejalan dengan uraian pada latar belakang?
3. Apa komentar Anda tentang uraian pada tujuan penelitian dan manfaat penelitian?
4. Apakah uraian pada kajian pustaka memadai sebagai dasar/sumber merencanakan tindakan mengatasi masalah?
5. Apakah uraian pada metode penelitian mengakomodasi permasalahan dan tujuan penelitian yang akan dicapai?
6. Apakah hubungan antar bab terkait erat?
Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas, coba terapkan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada proposal milik/tulisan Anda.
Bagian II:
Tulislah proposal PTK berdasar rumusan masalah di kelas Anda dan rencana tindakan yang telah Anda susun.

1. Perhatikan bagian kajian pustaka pada proposal Anda. Cermati sumber belajar yang ada pada ICT BERMUTU. Adakah diantara sumber belajar itu yang mendukung tulisan kajian pustaka Anda? Jika ada bacalah dengan seksama. Jika tidak ada pada ICT BERMUTU carilah pada sumber lain. Untuk itu bila perlu mintalah bantuan guru pemandu atau pihak lain yang relevan. Dengan membaca secara seksama sumber-sumber belajar itu maka Anda akan lebih mudah dalam menuliskan kajian pustaka untuk proposal maupun laporan PTK.
2. Carilah dan bacalah sumber belajar tentang teknik melakukan observasi kelas dan cara mencatat hasil observasi. Dengan membaca secara seksama sumber-sumber belajar itu maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan observasi pada kegiatan pelaksanaan tindakan.

F. PENILAIAN
Dokumen portofolio belajar hasil tugas terstruktur dan tugas mandiri setiap guru peserta pada topik Penyusunan Proposal PTK ini adalah: (1) proposal atau rancangan PTK yang tindakannya akan dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta, (2) laporan hasil kajian terhadap contoh proposal PTK.

Dokumen proposal PTK merupakan salah satu portofolio yang dinilai oleh LPTK.

G. LAMPIRAN TOPIK PENYUSUNAN PROPOSAL
1. BAHAN PRESENTASI
NOMOR JUDUL
Bahan Presentasi-1 Informasi Kegiatan Pertemuan Penyusunan Proposal PTK
Bahan Presentasi-2 Kedudukan penyusunan proposal dalam urutan PTK
Bahan Presentasi-3 Daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab
Bahan Presentasi-4 Daftar pertanyaan refleksi

BAHAN PRESENTASI-1: Informasi Kegiatan Pertemuan Penyusunan Proposal PTK
Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Belajar Hasil Belajar yang diharapkan
Guru mampu menyusun laporan PTK
Guru mampu:
1. Menjelaskan makna dari bagian-bagian format proposal PTK
2. Menulis lproposal PTK sesuai format proposal PTK
• Tanya jawab tentang mengingat kembali makna dari bagian-bagian proposal PTK.
• Diskusi kelas dan latihan menulis pertanyaan penelitian (hipotesa tindakan)
• Diskusi kelas dan latihan menulis proposal PTK yang pelaksanaan tindakannya secara open class.
• Latihan individu menulis proposal PTK yang pelaksanaan tindakannya di kelas masing-masing guru peserta. • Dipahaminya cara menulis proposal PTK
• Tersusunnya proposal PTK yang dilaksanakan di kelas masing-masing guru peserta
BAHAN PRESENTASI-2: Kedudukan Prosedur Penyusunan Proposal dalam urutan PTK

BAHAN PRESENTASI-3: Daftar pertanyaan untuk tanya jawab

BAHAN PRESENTASI-4: Daftar Pertanyaan Refleksi

2. SUMBER BELAJAR
NOMOR JUDUL AKSES
Sumber Belajar-1 Hylite Modul PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-2 Buku-buku tentang PTK ICT BERMUTU
Sumber Belajar-3 Contoh proposal PTK matematika SMP ICT BERMUTU/ guru pemandu
Sumber Belajar-4 Contoh format proposal PTK Dilampirkan (hand out)
Sumber Belajar-5 Contoh hipotesis tindakan dan Judul PTK Dilampirkan (hand out)
SUMBER BELAJAR-4: Contoh Format Proposal PTK
Alaternatif 1: Format proposal PTK yang sederhana (disusun tanpa bab-bab)
Judul: _____________
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Kajian Pustaka (jika hanya sedikit dapat dimasukkan dalam Latar Belakang Masalah)
F. Rencana Tindakan (berisikan tentang rencana pelaksanaan tindakan perbaikan pembelajaran)
G. Jadwal Pelaksanaan
Daftar Rujukan
Lampiran-lampiran

Alaternatif 2: Format proposal PTK yang yang lebih lengkap (disusun dalam bab-bab)
Judul: _____________
BAB 1: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Definisi Operasional
BAB 2: KAJIAN PUSTAKA
Isi atau sub bab-sub bab disesuaikan dengan tema penelitian. Misalnya memaparkan tentang:
A. Penguasaan Konsep Matematika Siswa SD
B. Model Pembelajaran Kontektual
C. Dst.
BAB 3: METODE PENELITIAN/PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Subyek Penelitian
B. Lokasi Penlitian dan Jadwal Pelaksanaan
C. Data dan Sumber Data
D. Instrumen Penelitian
E. Teknik Analisis Data
F. Tahap-tahap Penelitian (Siklus I, Siklus II,… dilakukan sesuai hasil refleksi tiap Siklus )
G. Perkiraan Biaya Penelitian (jika digunakan untuk mengusulkan dana ke sponsor)
H. Personalia Penelitian
DAFTAR RUJUKAN
LAMIRAN-LAMPIRAN

SUMBER BELAJAR-5 Contoh Hipotesis Tindakan dan Judul PTK

Untuk Pegelolaan Program BERMUTU klik Disini

%d blogger menyukai ini: