BAHAN RENUNGAN MENJELANG HARI SUMPAH PEMUDA

14 Okt

PERENCANAAN MASA DEPAN YANG TEPAT
Oleh : Iwan Sumantri (Saat Menjadi pembina LTUB Tk.Kecamatan)

Apabila kita pelajari riwayat, sifat dan kepribadian orang-orang terkenal, maka dapat disimpulkan bahwa mereka memiliki sifat dan watak pribadi yang memilki kekuatan ego tinggi, kemampuan berpikir strategi, orientasi ke masa depan, cerdas, tegas dan mampu masuk pada pikiran sehingga mempengaruhi orang yang berhubungan dengan mereka.
Pada abad sekarang yang sarat dengan berbabagai tantangan dan persaingan ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, memerlukan sumber daya manusia yang handal dengan berbagai kemampuan intelektual dan keterampilan yang tinggi.

Sumber daya manusia yang diperlukan adalah manusia yang memiliki visi ke depan dengan jelas, untuk itu perencanaan masa depan, baik pribadi, kelompok maupun sekolah adalah bagian dari hidup kita yang sangat penting.

Anak-anakku,
Kesadaran akan pentingnya perencanaan masa depan harus dimiliki oleh setiap insan muda bangsa yang sedang berada dijenjang pendidikan , baik SMP maupun SMA, hal ini mengingat pula bahwa masa remaja adalah saat belajar kebijaksanaan untuk diwujudkannya dimasa tua nanti

Anak-anaku,
Visi adalah memandang kedepan tentang kemungkinan, tentang masa depan yang dikehendaki , dan tentang gambaran potensi yang sangat dikehendaki, visi merupakan garis-garis besar haluan hidup pribadi setiap manusia, pemilikan visi merupakan ciri dari manusia yang hidup diabad modern dan manusia yang ingin menang dalam persaingan hidup ditengah-tengah persaingan global yang mengutamakan aspek pemilikan kualitas ilmu pengetahuan dan keterampilan.
Masa depan adalah kaca gelap yang tak bisa kita lihat, tetapi dapat kita gambar dengan tulisan-tulisan rencana hidup yang ingin kita wujudkan.

Anak-anakku,
Perencanaan masa depan yang kita inginkan adalah :” Ceria bahagia selagi muda, sejahtera bila tua tiba dan surga imbalan hidup akherat kelak, ( fiddunya Hasanah Wafil Akhirati Hasanah)

Anak-anakku,
Langkah mewujudkan rencana hidup masa depan yang bahagia dan sejahtera yang utama dan pertama adalah melalui pendidikan yang baik dan terarah untuk mencapai derajat “ berilmu atau pandai cendekia”.
Denga ilmu kita akan memperoleh bahagia dunia, dengan ilmu akan mendapatkan bahagia akherat dan dengan ilmu pula mencapai keduanya.

Anak-anaku,
Beberapa contoh langkah hidup berencana antara lain :
1. Miliki jadwal pribadi dan taati secara disiplin dalam melaksanakannya
2. Renungkanlah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan besok, laksanakan rencana itu.
3. Biasakan mengevaluasi kegiatan diri sendiri secara periodik, koreksilah kesalahan pribadi dan perbaiki mulai dari sekarang dan di masa yang akan datang. Hari ini dan hari esok harus lebih baik dari kemarin
4. Jangan putus asa menghadapi tantangan sebab manusia hanya di beri tantangan cobaan dan hambatan dalam kapasitas yang pasti dapat diselesaikan. Tuhan tidak akan membebani tugas kepada manusia di luar kemampuan manusia itu sendiri
5. Pastikan tujuan anda, bila hidup tanpa tujuan maka hari-hari akan berlari tanpa arti
6. Persiapkanlah masa depan dengan belajar dan jangan mengkkhawatirkan masa depan
Demikianlah amanat ini, mudah-mudahan mulai dari sekarang kita sudah menentukan rencana kita kedapan
Sekian , terimakasih.

%d blogger menyukai ini: